internet explorer 8 (IE8), rasa baru browser windows


Internet explorer merupakan browser atau software penjelajah internet yang dari awalnya memang sudah termasuk bagian dari Windows. Ketika windows di instalasikan ke dalam komputer dan menjadi sistem operasinya, maka Internet Explorer ini sudah include di dalamnya. Jadi tidak perlu menginstalnya secara terpisah atau secara tersendiri.

Satu hal yang saya rasakan ketika menggunakan Internet Explorer untuk menjelajah dunia maya adalah kesulitan untuk menemukan fungsi buka tab baru dalam satu halaman IE. Jadi ketika membuka halaman baru, maka terpaksa dengan menggunakan bukaan IE baru lagi. Tidak sebagaimana browser lain seperti Google Chrome, Opera, Safari ataupun terutama Mozilla Firefox yang sudah familier saya sering gunakan sebab sepengertian saya memang banyak sekali yang memakainya di berbagai tempat yg saya ketahui (misal di warnet-warnet atau PC teman yang pakai modem).

Kekurangnyamanan sewaktu menggunakan IE tersebut membuat penasaran, bukankah IE adalah produk dari Windows sendiri, yang tentunya (dalam pikiran bilang) harus jauh lebih mudah atau kata lainnya User Friendly daripada browser lain. Daripada penasaran mending cari jawabannya melalui kacamata pengamatan Mbah Google aja, dan ketemu juga jawaban dari problem kecil ini.

Ternyata memang pada IE tidak tersedia tab baru dalam satu halaman. Jadi selama ini pengguna browser IE yang ingin membuka halaman baru, mesti membuka juga IE baru juga, tidak ada menu yang memfasilitasi mereka bisa membuka tab baru pada halaman yang sama. Tidak seperti browser lain yang memberikan kemudahan jelajah bagi penggunanya dalam hal tab baru.

Jadi bertanya-tanya, kekurangan seperti ini kenapa justru bisa ada pada produk Windows sendiri, yang sudah include di dalam Sistem Operasinya. Tapi melihat survey dari banyak lembaga yang mengumpulkan data perbandingan penggunaan browser, ternyata jumlah pengguna IE secara global sangat dominan. Perbandingan penggunanya jauh lebih banyak daripada pengguna browser selain IE. Akan tetapi juga jumlah tersebut tidak berlaku pada akhir-akhir ini, sebab kemudahan yang terdapat pada browser-browser pesaing dari IE tentu saja menarik minat banyak orang untuk menggunakannya. Data termutakhir menyebutkan pengguna IE sudah tidak lagi berada di posisi puncak. Browser-browser unggul lain pun berlomba untuk memuncaki dalam hal penggunaan terbanyak dalam menjelajah internet. Browser-browser tersebut adalah Google Chrome, Mozilla firefox, Opera dan Safari.

Menjawab tantangan dari para pesaingnya, Microsoft pun mengupdate browsernya agar dapat kembali bersaing dan kembali berusaha mendominasi pangsa pengguna mesin jelajah. Update terbaru dari Windows untuk IE nya adalah IE8 untuk XP ke bawah, dan IE9 untuk versi windows terbaru: Windows 7 dan Vista.

Penasaran dengan versi terbaru dari IE, saya pun mendownload untuk mencoba rasa baru dari IE8. Ternyata memang berbeda sekali antara versi terbaru dan versi sebelumnya. Serasa menggunakan browser populer lain semacam Firefox, Opera, chrome atau Safari. Belum banyak yang saya ketahui tentang IE terbaru ini. Sepintas menggunakannya memang mudah, tapi belum bisa sefamilier ketika menggunakan Firefox. Apa fasilitas di Firefox seperti Grease Monkey bisa juga didapatkan di IE terbaru, ini salah satunya yang belum saya tau. Grease Monkey sangat membantu ketika harus menulis dan mencari rujukan buku yang dipromosikan dalam Google Books.

Untuk tab baru yang jadi persoalan di awal tulisan tadi, memang sudah terdapat pada IE terbaru ini. Namun dalam satu halaman ketika mau membuka untuk tab baru dengan jalan klik kanan, tidak selalu terdapat opsi tab baru tersebut. Jadi terkadang dalam satu halaman yang bisa dilakukan adalah klik pada pilihan-pilihan di dalamnya tanpa bisa memanfaatkan klik kanan, buka tab baru tanpa meninggalkan halaman awal. Entah memang begitu atau karena kebelumtahuan aja. Mengandaikan jika memang seperti itu, tentu ini artinya sama saja dengan penonton dibuat kecewa untuk kedua kalinya.

Belum banyak yang saya tahu tentang IE terbaru ini, tulisan ini pun saya buat ketika baru dalam hitungan jam untuk pertama kalinya memasang IE di komputer. Apakah akan mengecewakan atau banyak kelebihan baru yang memang benar-benar baru yang akan menempatkan IE kembali di posisi puncaknya sebagai browser yang familier bagi para penggunanya. Atau justru ada kekurangan penting lagi yang justru akan mengakibatkan penggunanya berpaling ke browser lain.

Sekian, ponoreog: 120112 PM.

3 responses to “internet explorer 8 (IE8), rasa baru browser windows

  1. Kalau IE8 masih ndak begitu bagus menurut saya, kalau IE9 baru saya berani merekomendasikan, karena sudah setara dengan peramban modern lainnya. He he…, sekarang nunggu IE10 :).

    • iya bener mas, tapi ini juga meyesuaikan ama OS nya. Setauku di awal, IE9 gak kompatibel ama win XP. kompatibelnya ama versi atasanya xp. Jadi sementara spertinya itu prestasi yg mampu dicapai ama os xp.

Tinggalkan komentar